Cara Memasak Jengkol Balado Betawi yang Pedas dan Nikmat

Cara Memasak Jengkol Balado Betawi yang Pedas dan Nikmat - Jengkol adalah merupakan bahan masakan yang mempunyai bau sangat khas. Mungkin untuk sebagian besar di antara saudara menilai bau jengkol sangat tidak sedap, namun jangan salah justru dari bau yang khas inilah jengkol dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk kita konsumsi. Bahkan jika saja diolah dengan benar, kenikmatan jengkol dapat mengalahkan daging lho.


Cara bikin semur jengkol betawi
Ini olahan jengkol balado
Sumber gambar:ResepKoki

Cara bikin semur jengkol - Sampai sekarang ini tidak sedikit olahan jengkol yang ada di kalangan masyarakat, mulai dari gulai jengkol, semur jengkol, sup jengkol, samaikan sambal jengkol balado. Dari banyaknya resep olahan jengkol tersebut, ternyata sambal jengkol balado lah yang paling terkenal di jajaran pecinta kuliner Nusantara.

Jengkol balado betawi mempunyai rasa pedas yang sangat nikmat. Rasa pedas tersebut bercampur dengan aroma khas dari jengkol. Akan tetapi setelah mengonsumsinya, pastikan Saudara sikat gigi. Soalnya bau jengkol tersebut dapat menjadikan orang di sekitar kita menghindar.

Nah bagi Saudara yang ingin mencicipi aneka masakan jengkol khas Indonesia tersebut dengan bermacam olaha  termasuk Jengkol Balado Pedas, berikut kami sajikan resep jengkol balado spesial yang pedas dan juga nikmat. Cara membuatnya juga sangat mudah dan Saudara bisa mempraktekannya sendiri di rumah.

Bahan semur jengkol Balado

Cara buat semur jengkol balado

Sebelum bikin semur jengkol balado betawi, silahkan Saudara persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang dibutuhkannya. Dalam resep jengkol balado tersebut kita akan membagi bahannya menjadi dua macam yaitu bahan utama dan bahan untuk bumbu halusan. Berikut adalah bahan-bahan utamanya:
  • Jengkol sebanyak 500 gram
  • Daun salam cukup 2 lembar
  • Lengkuas sekiranya 4 ruas
  • Kecap manis sekitar 5 sendok makan
  • Gula pasir cukup 1 sendok makan
  • Serai 1 batang, geprek
  • Air putih matang sebanyak 500 ml
  • Minyak goreng secukupnya saja.
Bumbu semur jengkol halusan:
  • Cabe merah keriting sebanyak 10 buah
  • Bawang merah 8 siung
  • Bawang putih 6 siung saja
  • Cabe rawit merah 5 buah
  • Gula pasir dan garam secukupnya
Cara masak semur Jengkol Balado

Setelah semua bumbu rendang jengkol siap, sekarang saudara bisa mulai membuat jengkol balado betawi. Langkah pertama rendam jengkol tersebut terlebih dahulu selama satu malam. Hal tersebut maksudnya supaya jengkol nantinya lebih empuk dan nikmat. Setelah direndam satu malam, ambil jengkol tadi dan rebus hingga empuk. Kalau sudah empuk, angkat jengkol tersebut dan geprek hingga pipih. Sisihkan terlebih dahulu.

Kemudian cara mengolah bumbu jengkol balado betawi, tumislah bumbu halusan tadi bersama dengan serai, lengkuas, dan daun salam. Pastikan menumis sampai mengeluarkan aroma atau bau harum. Apabila sudah mengeluarkan bau harum, masukan air dan tunggu hingga mendidih.

Kemudian masukan jengkol ke dalam rebusan tersebut bersama dengan kecap manis dan gula pasir. Aduk-aduk bumbu balado jengkol dan bahan-bahan tersebut sampai tercampur secara merata, lalu tunggu hingga bumbu-bumbu meresap kedalam jengkol. Caranya, ambil satu jengkol dan rasakan apakah sudah pas atu belum.

Apabila sudah benar-benar matang, angkat olahan tersebut dan tuang dalam sebuah mangkuk atau piring saji. Kemudian sajikan kuliner khas Indonesia yang satu ini bersama dengan sepiring nasi hangat dan es teh manis agar rasanya semakin nikmat dan pasti mantap.

Jengkol balado sangat cocok kalau dinikmati sebagai lauk makan nasi hangat ataupun ketupat (lontong), apalagi saat perut sedang keroncongan atau lapar. Selain itu jika saudara menyukai rasa pedas, saudara bisa menambahkan jumlah cabe di atas sesuai selera masing-masing karena takaran bumbu balado diatas adalah merupakan takaran pedas yang standar.

Manfaat Mengkonsumsi Jengkol

Selain mempunyai rasa yang nikmat serta baunya yang khas, jengkol juga ternyata mempunyai segudang manfaat bagi tubuh manusia. Nah berikut adalah beberapa manfaat yang bisa saudara dapatkan ketika memakan jengkol tersebut:

    Mencegah anemia

Jengkol merupakan salah satu makanan yang kaya akan zat besi. Seperti kita ketahui, zat besi sangat bermanfaat untuk meregenerasi sel-sel darah merah di dalam tubuh sehingga produksinya tetap normal dan tidak berkurang.

Jika produksi sel darah merah tersebut berkurang, maka suplai oksigen dan zat makanan ke sel-sel tubuh akan berkurang. Akibatnya, kita akan menjadi lemas dan terkena anemia. Maka dari itu, biasa mengkonsumsi jengkol sangatlah dianjurkan bagi penderita penyakit anemia dan juga para kaum hawa yang sedang menstruasi.

    Mencegah kanker

Jengkol mempunyai kandungan antioksidan tinggi yang tersebar dalam bermacam-macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Zat antioksidan tersebut sangat bermanfaat untuk menangkal berbagai radikal bebas yang memicu timbulnya penyakit kanker serta penyakit yang berhubungan dengan jantung.

    Mencegah diabetes

Jengkol mempunyai kandungan zat gula yang mudah diurai oleh tubuh sehingga sangatlah bersahabat bagi para penderita diabetes. Zat gula tersebut tak akan menumpuk di dalam tubuh sehingga saudara bisa terhindar dari bahaya penyakit diabetes.

Akan tetai ingat, jangan mengkonsumsi Jengkol Balado Goreng secara berlebihan. Soalnya, jengkol mempunyai suatu zat yang tidak akan saudara temukan dalam makanan yang lainnya yakni zat asam jengkolat. Zat tersebut berbentuk kristal yang tidak larut dalam air.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, zat tersebut bisa menimbolkan masalah pada saluran ginjal dan kemih seperti anyang-anyangan dan lainnya. Jengkol juga tidak disarankan bagi penderita gangguan ginjal sebab dikhawatirkan tidak bisa menyaringnya.

Sekian ulasan kami mengenai cara memasak jengkol Balado Betawi yang Pedas dan Nikmat. Terus ikuti update-update resep kuliner yang akan kami sajikan di kesempatan yang lain. Semoga informasi cara masak jengkol yang enak pada kesempatan kali ini bisa menambah wawasan sekaligus menjadi sumber referensi terpercaya bagi saudara semua. Selamat mencoba olahan jengkol balado betawi!