Resep Membuat Bakso Ikan Tenggiri Enak Praktis

Resep membuat bakso ikan tenggiri  – Bakso adalah merupakan makanan yang disukai oleh semua kalangan. Di Indonesia sendiri, bakso termasuk salah satu makanan populer. Ada berbagai macam resep bakso maupun bentuknya. Ada yang bulat, kotak, isi telur, urat, dan berbagai macam lainnya. Biasanya para produsen bakso menggunakan daging sapi pilihan untuk membuatnya. Daging sapi dengan kualitas terbaik pasti menghasilkan bakso yang enak. Namun semakin mahalnya bahan-bahan untuk membuat terutama daging, tak jarang produsen bakso mengurangi porsi daging untuk membuatnya demi mendapatkan keuntungan yang lebih.


Resep Membuat Bakso Ikan Tenggiri
Sumber gambar : Masakan Nusantara

Cara membuat bakso ikan tenggiri - Bahkan penggunaan bahan pengawetpun kerap menjadi solusi untuk mencari keuntungan lebih. Selain itu, daging babi juga kerap digunakan oleh produsen nakal sebagai pengganti daging sapi. Dengan adanya hal-hal tersebut, masyarakat menjadi was-was untuk mengonsumsi bakso. Kekhawatiran yang sering muncul adalah bahan-bahan yang terkandung di dalam bakso. Akan tetapi saudara tak perlu khawatir, karena Anda juga dapat membuat bakso ikan tenggiri di rumah bahkan dengan bahan sesuai selera saudara sendiri. Misalnya dengan menggunakan daging ayam atau ikan tenggiri,silahkan coba resep membuat bakso ikan tenggiri enak praktis.

Sebelum saudara membuat bakso ikan tenggiri , ada beberapa tips untuk membuat bakso buatan Anda lebih nikmat, yaitu sebagai berikut :
  • Simpan bakso ikan tenggiri dalam keadaan tertutup.
  • Rebus bakso ikan tenggiri hingga bakso terapung kemudian rendam ke dalam air es. Hal ini bertujuan agar bakso ikan tenggiri tetap kenyal dan padat.
  • Saat mengaduk adonan, usahakan tangan saudara tetap basah agar adonan bakso ikan tenggiri tidak menempel di tangan.
  • Hindari mengaduk adaonan terlalu lama. Hal ini dapat menyebabkan adonan bakso ikan tenggiri menjadi terlalu padat.
  • Jika membuat bakso dengan bahan ikan, pilihlah ikan yang berdaging putih. Ikan berdaging putih cenderung lebih padat dan mudah dibentuk.
  • Untuk hasil yang lebih kenyal saudara bisa menambahkan remah roti pada adonan bakso.
  • Penggunaan bahan segar akan mempengaruhi bakso ikan tenggiri yang saudara buat. Jadi, buatlah bakso ikan tenggiri dengan bahan-bahan yang masih segar.
Bagi saudara yang penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat bakso ikan tenggiri, anda bisa mengikuti cara membuat bakso ikan tenggiri yang kenyal dan nilai kandungan gizi bakso ikan tenggiri berikut.

Bahan buat bakso ikan tenggiri yang perlu disiapkan :

    1 kg daging ikan tenggiri yang dihaluskan.
    250 gram tepung kenji.
    Daun bawang secukupnya.
    5 butir telur ayam.
    100 ml air es
    5 sdt minyak goreng.

Bumbu bakso ikan tenggiri :

    10 siung bawang putih.
    2 sdt merica bubuk
    3 sdt kecap ikan
    3 sdt garam
    2 sdt penyedap rasa

Pelengkap bakso ikan tenggiri :

    Mie kuning
    Bawang goreng.
    Saus dan kecap
    Bihun

Cara membuat bakso ikan tenggiri enak :
  • Campurkan daging ikan dengan air es, kemudian putih telur dan aduk hingga rata. 
  • Masukan minyak dan bumbu-bumbu yang sudah tersedia beserta daun bawang. Setelah itu aduk adonan bakso ikan tenggiri sampai rata
  • Masukan tepung kenji kemudian aduk hingga terlihat kalis.
  • Panaskan air, genggam dan bentuk adonan bakso ikan tenggiri dengan cara ibu jari dan telunjuk.
  • Setelah itu, masukan adonan kedalam air yang sudah mendidih. Tunggu bakso ikan tenggiri hingga muncul ke permukaan air.
  • Sajikan untuk keluarga tercinta.
Nah, itulah ulasan singkat mengenai resep membuat bakso ikan tenggiri yang dapat kami infokan kepada anda, Sumber >>> masakankoki.com