Resep Pindang Ikan Bumbu Spesial Dan Cara Memasaknya

Resep pindang ikan nila yang enak dan lezat - Karena hampir 2/3 bagian negara Republik Indonesia tercinta ini merupakan perairan, makanya beragam resep masakan ikan tersebar hampir di seluruh wilayah negara kita. Hal tersebut memang tak mengherankan. Selain rasanya cukup enak dan juga lezat, baik itu ikan laut atau ikan perairan darat (air tawar) adalah merupakan salah satu sumber protein dan juga zat gizi lain yang benar-benar dibutuhkan oleh tubuh manusia. Untuk itu, hari ini kita akan sama-sama belajar membuat salah satu resep ikan yang cukup populer, yaitu resep masakan pindang ikan. Untuk membuat resep pindang ikan yang enak dan juga lezat, hal paling utama selain cara membuat nya yang harus diperhatikan yaitu bumbu pindang ikan yang digunakan. Pada umumnya kita hanya sekedar mengenal masakan pindang ikan patin, ikan tuna atau ikan tongkol, akan tetapi untuk kali ini kita akan membuat pindang ikan menggunakan ikan jenis lain, seperti ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan nila, ikan bandeng, ikan gurame dan lainnya.


Resep Pindang Ikan Bumbu Spesial


Resep masakan pindang ikan tersebut sebenarnya merupakan salah satu kekayan kuliner dari daerah Palembang. Aslinya, bumbu pindang ikan tersebut digunakan dan dimasak bersama ikan patin yang tekstur dagingnya benar-benar lembut. Selain dagingnya yang lebih lembut kalau dibandingkan dengan jenis lain, jenis ikan patin yang biasanya hidup di sungai yang mengalir tersebut juga mempiliki kandungan lemak yang banyak sehingga sangat lezat sekali kalau dimasak menggunakan berbagai bahan rempah khas Indonesia. Namun karena tak semua daerah di negara kita bdapat menemukan ikan jenis ini, makanya kita gunakan bumbu aslinya untuk membuat resep pindang akan tetapi ikannya menggunakan jenis ikan lain yang bisa kita dapatkan tentunya di sekitar kita, seperti ikan nila, ikan mujair, ikan tongkol, ikan gabus, ikan mas atau yang lainnya.

Untuk membuat resep masakan pindang ikan tersebut supaya terasa lezat dan sedap, kunci utama yang harus diperhatikan yaitu penggunaan bumbu rempah dan bumbu dapurnya. Dengan adanya pemilihan bumbu yang tepat, kuah resep pindang ikan yang kita akan buat nanti dapat benar benar nikmat untuk disantap dengan sepiring nasi putih. Selain rasanya yang lezat, tentu saja resep pinang ikan yang akan kita buat kali ini banyak sekali mengandung gizi, vitamin dan omega 3 yang sangat baik sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Apalagi kalau disantapnya saat malam atau cuaca yang lagi dingin, kuah resep pindang ikan tersebut yang sedikit berlemak dan juga perpaduan rempah rempahnya dapat memberikan energi yang baik dan juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Selain bahan bumbu, salah satu tips untuk membuat resep masakan pinang ikan yang enak dan lezat yaitu pengolahan ikan yang digunakan.

Baca juga  Resep Membuat Bakso Ikan Tenggiri Enak Praktis

Resep Pindang Ikan Bumbu Spesial

Untuk membuat pindang ikan pastikan ikan benar benar dicuci bersih dari darah yang menempel dan juga kotoroan lainnya. Selain untuk menghilangkan bakteri, biasanya darah yang menempel tersebut juga meninggalkan bau amis yang tak sedap. Pastikan untuk mencuci ikan di air yang mengalir. Selain itu, sebelum dimasak menjadi resep masakan pindang ikan, tips memasak yang lain yaitu daging ikan yang sudah dicuci bersih harus dilumuri terlebih dahulu dengan perasan air jeruk nipis. Ini sangat membantu supaya menghillangkan bau amis khas ikan dan juga menambah kesegaran di resep masakan pinang yang kita buat. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan bahan bumbu resep pindang ikan dan juga cara membuat masakannya dibawah ini.

Bahan bahan Resep Pindang Ikan Yang Enak dan Lezat
  • Ikan nila, gurame, bandeng atau jenis ikan air tawar lainnya yang kondisinya benar-benar masih segar kurang lebih sebanyak 1 kg saja.
  • Buah jeruk nipis guna mengurangi dan juha menghilangkan bau khas ikannya kurang lebih sebanyak 2 buah. Kemudian potong potong dan peras air jeruknya.
  • Serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 pcs saja. Cuci bersih kemudian geprek sebelum digunakan.
  • Lengkuas secukupnya atau kurang lebih sepanjang 5-6 cm saja. Juga cuci bersih kemudian geprek.
  • Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 5 cm saja. Geprek dahulu kemudian campurkan dengan bumbu lainnya.
  • Daun salam kurang lebih sebanyak 3 lembar saja.
  • Air asam jawa kurang lebih sebanyak 3 sendok makan.
  • Gula merah yang sudah dihaluskan kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Kecap manis yang berkualitas baik kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  • Daun kemangi secukupnya sesuai selera kita.
  • Garam dapur yang memiliki kandungan yodium secukupnya sesuai selera.
  • Gula pasir putih secukupnya ini juga sesuai selera.
  • Buah cabai merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 10-15 pcs.. Saudara bisa tambahkan juga buah cabai rawit dan cabai hijau kalau memang suka pedas.
  • Buah tomat merah kurang lebih sebanyak 3 buah. Kemudian cuci bersih lalu belah menjadi 4-5 bagian maksudnya untuk mempercantik tampilannya.
  • Air bersih secukupnya untuk merebus ikan dan bumbunya.
Bahan Bumbu Pindang Ikan Nila, Bandeng dan Gurame

Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung saja.
Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung juga.
Buah cabai merah secukupnya tentunya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Cuci bersih lalu buang bijinya.

Cara Membuat Masakan Pindang Ikan Nila atau yang lainny.
  • Langkah pertama yaitu siangi dan cuci bersih ikan dengan air mengalir sampai benar benar bersih dari kotorannya kemudian potong menjadi 2 atau sesuai selera.
  • Bersihkan bagian luar ikan sampai benar benar bersih dengan cara menekan sedikit menariknya keluar dengan pisau.
  • Hati hati jangan sampai membuat dagingnya robek.
  • Lumuri ikan yang sudah dicuci bersih diatas dengan air jeruk nipis sambil sedikit diremas remas sampai semua bagian rata kemudian diamkan sebentar (kurang lebih selama 15 menit saja).
  • Siapkan panci dan beri air bersih secukupnya.
  • Sambil menunggu airnya mendidih, haluskan bahan bumbu pindang ikannya diatas, seperti bawang merah, bawang putih dan cabainya.
  • Masukkan bumbu halus tersebut ke dalam panci yang berisi air beserta jahe dam lengkuas yang sudah dimemarkan, serai dan daun salamnya.
  • Aduk aduk sebentar sampai mendidih.
  • Masukkan ikan nila atau gurame yang sudah dicuci bersih kemudian aduk aduk sebentar.
  • Masukkan air asam, gula merah, buah cabai, kecap manis, gula pasir dan garam dapur secukupnya lalu aduk aduk kembali sampai masak dan ikannya matang.
  • Sesudah matang dan airnya menyusut, masukkan daun kemangi dan irisan tomatnya.
  • Jangan lupa cicipi sebentar dan juga tambahkan garam dapur, gula dan kecap kalau diperlukan lalu angkat dan sajikan.
Demikianlah cara praktis membuat pindang ikan nila atau gurame diatas. Sebenarnya, bumbu tersebut juga dapat digunakan untuk jenis ikan lainnya, seperti bandeng, tongkol, ikan mas atau yang lainnya. Kalau suka, teman teman bisa juga menambahkan beberapa lembar daun jeruk di resep pindang ikan ini supaya rasa dan juga aromanya lebih segar sewaktu disantap bersama keluarga di rumah. Untuk ide resep masakan spesial buat keluarga di rumah yang lain, silahkan saudara mencoba Resep Pindang Ikan Bumbu Spesial Dan Cara Memasaknya  yang rasanya sangat mengundang selera.