Resep dan Cara Membuat Bakso Urat yang Mudah Dan Nikmat

Resep Bakso Urat - Adalah merupakan salah satu makanan Indonesia yang dapat dinikmati kapan pun. Bola-bola dagingnya bisa menciptakan rasa yang nikmat di mulut. Harganya pun murah, gak bikin kantong keroncongan.

Tidak hanya menggunakan daging giling sebagai isiannya, bakso dengan irisan urat dan juga tetelan daging kasar juga tak kalah lezatnya. Gak perlu beli, kamu dapat mengolahnya sendiri, kok. Simak resepnya di bawah ini, ya!

Resep dan Cara Membuat Bakso Urat yang Mudah Dan Nikmat
Resep Bakso Urat

1. Bahan-bahan ini tentunya harus disiapkan


Resep dan Cara Membuat Bakso Urat yang Nikmat

Bahan utama:

    50 gram tepung tapioka
    300 gram daging sapi
    3 buah es batu
    70 gram urat sapi, cincang
    8 siung bawang putih, goreng dan haluskan
    2 buah putih telur
   
    Garam secukupnya
    Lada bubuk secukupnya
    Gula pasir secukupnya
   
    Air secukupnya

Bahan kuah:

    1 kg tulang kaki sapi
    1 buah bawang bombay
    5 siung bawang putih
    3 sdm garam
    Air secukupnya
    Lada secukupnya
   

Bahan pelengkap sajian:


    Mi suun secukupnya
    Bawang goreng secukupnya
    Irisan daun bawang secukupnya
    Saus tomat secukupnya
    Sambal secukupnya
    Kecap secukupnya

2. Membuat bola-bola bakso terlebih dahulu

Resep dan Cara Membuat Bakso Urat yang Nikmat

Satukan daging sapi, tepung tapioka, bawang putih goreng, dan putih telur ke kadal wadah. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian, masukkan cincangan urat sapi, aduk kembali Sampai rata.

Cara Membuat Bakso Urat yang Nikmat - Siapkan sebuah panci, kemudian didihkan air di dalamnya. Ambil segenggam adonan bakso dan bentuk Sampai menyerupai bola-bola, kemudian masukkan ke dalam air rebusan.

Lakukan Sampai semua adonan bakso habis. Biarkan bakso Sampai matang dan mengapung. Kalau sudah, angkat dan tiriskan sebentar.

3. Rebus tulang kaki sapi untuk membuat kuah

Kemudian membuat kuah bakso. Siapkan sebuah panci, Kemudian rebus air di dalamnya bersamaan tulang kaki sapi. Kalau ada buih dan kotoran yang mengapung, segera diambil. Lakukan terus Sampai tidak ada lagi kotoran dan kuah kelihatan menjadi bening.

Setelah itu, masukkan irisan bawang bombay, bawang putih halus, garam, dan lada. Rebus semua bahan tersebut selama kurang lebih dua jam dengan api kecil. Tunggu Sampai keluar sari kaldu dari tulang sapi. Kalau sudah, matikan apinya.

4. Sajikan bakso urat dengan bahan pelengkap

Kalau semua sudah matang dan siap, tata mi susun di dalam mangkuk saji. Berikan bakso urat ke dalamnya bersama irisan daun bawang.

Siram bakso dan mi tersebut dengan kuah kaldu yang masih hangat. Berikan taburan bawang goreng di atasnya. Bakso urat yang lezat sudah dapat anda santap bersama sambal, saus tomat, dan kecap.

Itulah Resep dan Cara Membuat Bakso Urat yang Mudah Dan Nikmat mudah dan praktis dalam membuat bakso urat. Sekarang, anda tak perlu lagi membeli di luar sana. Dijamin lebih higienis dan dapat makan sepuasnya bersama keluarga, Selamat memasak!

Sumber >> idntimes.com